Baca Selanjutnya Di: http://entry44.blogspot.com/2010/04/cara-membuat-link-berkedip-saat-kursor.html#ixzz18AIk73x3

1 komentar:

IWAN DOGIEL mengatakan...

Oleh B.N. IWAN DOGIEL LASBAEQ

Dari sekian banyak mata pelajaran di sekolah, tentu ada pelajaran yang menyenangkan bagi para siswa atau ada yang biasa-biasa saja. Namun, ada juga yang “menakutkan” sehingga siswa kita tidak nyaman dibuatnya.

TUHAN menciptakan manusia dengan titik keunggulan sekaligus kekurangannya. Biasanya, seorang murid menjadi pandai pada pelajaran tertentu (selain faktor genetika) karena memberikan perhatian yang lebih. Kemudian semangat mempelajarinya. Jika terjadi sebaliknya akan berujung pada nilai yang buruk.

Muncul pertanyaan, bagaimana caranya supaya siswa menyenangi pelajaran yang semula tidak disenangi, disebabkan sulit paham? Ada empat cara sederhana (tetapi ampuh) yang bisa kita tempuh agar pelajaran yang sulit menjadi mudah.

1. Memancing siswa untuk bertanya

Sudah bukan rahasia, tidak suka suatu pelajaran karena dianggap sulit, tidak mengerti, kurang paham. Sehingga semakin lama, siswa tambah bingung.

Arahkan siswa untuk bertanya kepada siapa saja yang memahami. Yangpertama kepada ibu dan bapak guru yang mengajar pelajaran terkait. Guru harus menekankan akan senang membantu siswa yang mengalami kesulitan. Lebih baik ditertawain teman-teman saat bertanya daripada pura-pura paham, padahal jaga gengsi.

Bertanyalah pula kepada keluarga di rumah atau kepada teman-teman sekelas yang sangat paham, bahkan sangat menikmati pelajaran yang dianggap sulit itu.

Dengan bertanya, kesulitan akan terurai sedikit demi sedikit. Memompa kepercayaan kepada siswa, sebenarnya kesulitan bisa berubah jadi kemudahan.

2. Mengingatkan agar membaca berulang-ulang

Untuk pelajaran yang dikuasai tak masalah dibaca sekali, guna menghindari lupa. Penting baca kembali walau sudah paham. Sementara pelajari yang belum dipahami, pastikan bacanyaberkali-kali. Luangkan waktu sedikitnya 20 menit per mata pelajaran. Bila belum biasa, mulailah 10 menit. Mengerti tidak mengerti tetap baca. Hams tercipta pembiasaan. Dilatih terus.

Bila kebiasaan ini telah menjadi perilaku sehari-hari, siswa akan menjadi orang hebat. Alasannya, setiap hari ilmu bertambah. Gerbang kesuksesan kuncinya ilmu. Itu semua ditempuh lewat jalur membaca.

3. Tanamkan bahwa semua mata pelajaran itu penting

Semua pelajaran itu penting. Janganlah kita mengatakan bahwa pelajaran A sangat penting. Pelajaran B kurang penting. Pelajaran C tidak penting dan seterusnya. Kalau kita menganggap suatu pelajaran penting, kita akan mempelajari dengan sekuat hati, tetapi bila merasa suatu pelajaran kurang atau penting, kita pun malas dan mere-mehkannya.

4. Mencari cara supaya murid menyenangi guru

Adakah di antara siswa kita yang tidak menyukai gurunya? Sulit rasanya pelajaran bisa dipahami tanpa adanya rasa senang kepada guru. Menyenangi guru adalah bagian dari kemudahan menerima pelajaran. Senang dalam banyak pengertian. Misalnya hormat, takzim. menuakan, menganggap orang penting, menghargai, dan seterusnya.

Untuk mengomunikasikan poin agar murid menyenangi guru, dapat disiasati dengan beberapa hal. Misalnya, guru makin kreatif dalam memberikan transfer ilmu. Supaya lebih mudah dipahami. Mungkin dengan pengayaan model-model contoh tertentu yang lebih familier dan menarik minat peserta didik. Jangan pelit untuk memuji sisi positif sang murid. Yang paling penting, keteladanan dariguru.

Posting Komentar






























































saya bebp nekad
nama asli saya: Tengku Irwan Hasanusi Al-Qarmy
































































































































sayank akku nie...

































































































































































































































































































































































































































































































































































































































bintang azha


jumlah pengunjung

 
Make your own Baca Selanjutnya Di: http://entry44.blogspot.com/2010/04/pasang-radio-di-blog-kamu.html#ixzz18AGKoAFd
Powered By Blogger

Blog Tricks

http://www.bebpnekad.blogspot.com/
Powered By Blogger

Easy Blog Tricks

BEBP NEKAD
Powered By Blogger
© Grunge Theme Copyright by Bebp_Nekad_Blogger | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks